Rabu, 10 Desember 2014

KARAKTERISTIK SEKRETARIS MASA DEPAN

Teknologi menyuguhkan banyak kemudahan bagi pengerjaan tugas tugas sekretaris. Bahkan bukan hanya bagi pekerjaannya akan tetapi bagi penyelenggaraan hidup yang seimbang bagi semua orang yang berkarir. Akan tetapi dengan bertambahnya ilmu teknologi tersebut, seseorang yang bertugas dalam membantu tugas seorang eksekutif juga dituntut semakin cerdas dan kreatif. 
Dahulu sekretaris posisi sekretaris selalu dipandang sebagai seorang orang yang cantik. Namun saat ini sekretaris yang dibutuhkan bukanlah hanya orang yang cantik. Namun yang utama adalah orang yang cerdas. Mengingat seorang sekretaris yang kompeten adalah asset yang sangat berharga bagi seorang eksekutif. Maka dari hal tersebut, seorang sekretaris harus memahami apa dan harus bagaimana menghadapi tuntutan jaman untuk posisi sekretaris. Namun harus diketahui oleh para sekretaris bahwa tuntutan yang diberikan padanya bukanlah suatu ancaman melainkan tuntutan ini adlah suatu jalan dimana seorang sekretaris mempunyai peluang untuk meningkatkan status pekerjaannya.
Satu hal yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris masa kini adalah bekerja cepat dan tepat untuk setiap pekerjaannya. Sehingga dengan kemampuan yang dimilikinya dia akan selalu diperhitungkan dalam tugas tugas dan organisasinya. Untuk mampu selalu diperhitungkan dalam posisi kerja dan organisasinya hendaknya seorang sekretaris harus selalu siap siaga dan selalu mau mempersiapkan masa depannya. 
Dunia usaha telah mengalami banyak perubahan dalam waktu yang singkat. Dunia usaha juga mempunyai ruang lingkup yang sangat luas.. Masa depan perusahaan terletak pada orang orang yang bekerja di dalamnya. Untuk hal itulah setiap perusahaan membutuhkan orang orang yang cerdas, tanggap, dan mau belajar untuk diperkerjakan dlam perusaannya terutama untuk posisi sekretaris yang adalah golongan eksekutif.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karier di masa depan, antara lain:
  • Pendidikan Lanjut atau Pelatihan
Seorang yang ingin sukses harus mau belajar. Selalu berusaha untuk meningkatkan pendidikan karena dengan pendidikan akan memberikan pengetahuan akan teknologi dan sistem-sistem baru. Atau dapat juga dengan mengikuti seminar karena setiap seminar pasti memberikan suatu informasi yang baru dan bermanfaat. 
  • Membaca
Seorang sekretaris aharus rajin membaca supaya tidak ketinggalan informasi dan dengan membaca tentunya seorang sekretaris dapat mendapat  ilmu baru yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kelanjutan kariernya. Seperti yang kita ketahui bahwa sekretaris yang diinginkan oleh para eksekutif adalah sekretaris yang tanggap, bukan sekretaris yang lamban. 
  • Menjalin dan Mengembangkan Relasi
Masuklah ke dalam organisasi yang orang orang didalamnya adalah orang orang yang profesional. Bukan bermaksud memanfaatkan keberadaan mereka, namun melalui mereka kita dapat belajar. Mereka juga akan senang berbagi dnegan kita karena mereka juga menginginkan orang lain untuk mengecap kesuksesan.
  • Tingkatkan Kualitas Kerja
Dalam penyelesaian pekerjaan bertindaklah sebagi sekretaris yang cerdas yang juga mau bekerja keras. Jangan hanya sebagai sekretaris yang mau bekerja keras. Cerdas dengan disertai mau beklerja keras akan mebuahkan hasil yang lebih baik dan lebih memuaskan. 
  • Aktif
Seorang sekretaris harus selalu aktif dalam mengemukakan ide dan gagasan. Selalulah berpikir lebih dari apa yang diminta oleh perusahaan atau organisasi. Namun dengan catatan harus mengenal batasan yang ada. 

Sekretaris yang dibutuhkan saat ini adalah sekretaris yang bukan hanya berpenampilan menarik namun sekretaris yang selalu berpikir logis,  kritis, analisis, pragmatis, kreatif, dan mandiri serat didukung dengan penampilan yang menarik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar