Rabu, 03 Desember 2014

Hal yang Mempengaruhi Perkembangan

Perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan juga merupakan suatu proses integritasi dari banyak struktur dan fungsinya yang kompleks. 
Berikut beberapa hal yang mempengaruhi tuntutan perkembangan, antara lain:

Penampilan diri


Kalau perubahan yang meningkatkan penampilan diri seseorang akan diterima dengan senang hati dan mengarah kepada sikap yang menyenangkan. Sedangkan perubahan-perubahan yang mengurangi penampilan diri akan ditolak dan segala usaha akan dilakukan untuk menutupinya. 

Perilaku 

Kalau perubahan perilaku diperlukan maka akan berpengaruh pada sikap terhadap perubahan-perubahan yang kurang menyenangkan. Akan tetapi bila mana perubahan-perubahan perilaku dipandang menyenangkan maka sikap terhadap perubahan-perubahan perilaku akan baik. 

Nilai-nilai Budaya 

Setiap kebudayaan mempunyai nilai-nilai tertentu. Nilai-nilai budaya yang akan juga berpengaruh terhadap tuntutan perkembangan dewasa ini, di mana nilai-nilai budaya akan dapat membantu dalam perkembangan hidup untuk mengikuti dengan baik dan meninggalkan yang tidak baik. 

Perubahan peranan

Sikap satu sama lain tentunya sangat berbeda. Sikap seseorang ditentukan oleh peran yang dimainkan sendiri.  Apabila seseorang mempunyai sikap yang kurang menyenangkan maka masyarakat pun tidak akan bersimpatik terhadap sikap yang diperankannya. 

Pengalaman pribadi

Pengalaman pribadi mempunyai pengaruh yang besar terhadap sikap individu dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam perkembangan. Bila mana terdapat maka kita benar benar tidak dapat melakukannya. Orang yang bersikap seperti ini akan dijauhkan dari banyak berkat dan anugrah. 


Daftar pustaka 
Tarmudji,Tarsis, 1998, Pengembangan Diri, Yogyakarta, Liberty.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar